Tuesday, July 31, 2012

Seputar tentang Hosting. . . .


Setelah Anda membeli nama domain (nama website), website Anda belum bisa dilihat di Internet. Anda harus terlebih dahulu membuat akun di web host kemudian mengunggah atau upload file website Anda pada web host tersebut. Web host adalah sebutan untuk perusahaan atau website yang menyediakan jasa penyimpanan file website (web hosting service) pada sebuah server publik yang selalu terhubung ke Internet. Ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa web hosting dan biasanya sekaligus menawarkan pendaftaran atau registrasi domain.

Setiap web host menawarkan berbagai paket layanan hosting dengan harga yang berbeda-beda yang mana hal ini perlu Anda pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, ada juga web host yang juga menawarkan paket web hosting gratis tentu saja dengan fitur yang terbatas. Untuk membuat keputusan, Anda harus mengerti fitur-fitur apa saja yang ditawarkan oleh web host. Berikut ini adalah beberapa fitur dasar layanan hosting:
  • Kapasitas Hard Disk (Disk Space)
  • Perhatikan berapa jumlah kapasitas hard disk yang diberikan web host atau provider kepada Anda untuk menyimpan file-file website Anda. Tentu saja Anda harus mendapatkan kapasitas hard disk melebihi total ukuran file website Anda, namun tidak perlu terlalu berlebihan, sesuaikan juga dengan anggaran yang Anda miliki.

  • Bandwidth
  • Jumlah bandwidth menentukan jumlah data yang bisa ditransfer ke pengunjung ketika mereka melihat website Anda. Semakin besar bandwidth membuat website bisa dilihat oleh semakin banyak orang, jenis file yang bisa ditransfer pun lebih besar seperti video dan audio, dan kecepatan transfer juga lebih cepat. Apabila suatu website begitu populer namun bandwidth yang diberikan terbatas maka lama kelamaan pengunjung akan merasakan waktu untuk membuka halaman website ataupun men-download menjadi semakin lama dan pada suatu waktu website tersebut tidak bisa diakses lagi. Oleh karena itu, pemilik website harus meningkatkan jumlah bandwidth dan tentu saja ada biayanya. Sebagai pemula, Anda bisa memilih paket yang ditawarkan web host dengan bandwidth yang kecil saja. Apabila pengunjung website Anda semakin banyak, segeralah beli paket dengan bandwidth yang lebih besar.

  • Subdomain
  • Subdomain adalah nama lain dari Third-Level Domain, letaknya di sebelah kiri nama website. Penulisannya seperti berikut subdomain.domain.ext, di mana domain.ext merupakan domain utama atau nama website utama. Subdomain merupakan bagian dari website, biasanya digunakan untuk mengklasifikasikan layanan yang ditawarkan. Sebagai contoh layanan email dan bookmark dari yahoo.com memiliki alamat website yang berbeda namun tetap merupakan bagian dari yahoo.com, yaitu mail.yahoo.com dan bookmark.yahoo.com. Tujuan lain penggunaan subdomain adalah untuk memisahkan beban web server utama ke server yang lain. Sebagai contoh, bila yahoo.com menggunakan server A maka mail.yahoo.com menggunakan server B, dan bookmark.yahoo.com menggunakan server C. Subdomain sering diberikan web host kepada pelanggannya yang ingin memiliki domain (website) gratis.

  • Parked Domain
  • Anda dapat mengarahkan satu atau lebih domain (website) ke domain (website) utama Anda, sehingga semua domain (website) tersebut memiliki isi yang sama. Sebagai contoh, Anda sudah memiliki akun di web host untuk nama domain (website) belajar-web-hosting.com sebagai domain utama. Anda bisa membeli lagi nama domain (website) yang mirip, seperti belajar-web-hosting.net dan belajar-web-hosting.biz, kemudian memarkirnya atau mengarahkannya ke domain (website) utama Anda sehingga pengunjung akan melihat isi website yang sama seperti ketika mereka mengunjungi belajar-web-hosting.com. Hal ini berguna untuk menghindari orang lain memakai nama website yang mirip dengan nama website Anda.

  • Add-on Domain
  • Add-on domain merupakan domain (website) yang terpisah dari domain (website) utama, namun mengarah pada subdomain atau subfolder dari domain (website) utama. Keuntungan memiliki add-on domain adalah Anda bisa memiliki beberapa domain (website) namun cukup menggunakan satu web host. Dengan demikian Anda bisa menghemat uang karena hanya membayar satu web host. Sebagai contoh Anda memiliki domain (website) dengan nama belajar-web-hosting.com yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan subdomain english.belajar-web-hosting.com yang isinya ditulis dalam bahasa Inggris. Untuk menjangkau pengunjung di luar Indonesia, Anda membuat lagi sebuah website berbahasa Inggris dengan nama learn-web-hosting.com. Anda bisa mengarahkan domain (website) learn-web-hosting.com ke english.belajar-web-hosting.com. Dengan demikian isi dari dari learn-web-hosting.com sama dengan english.belajar-web-hosting.com, namun pengunjung tidak akan mengetahui bahwa sebetulnya learn-web-hosting.com mengarah atau isinya sama dengan subdomain english.belajar-web-hosting.com.

  • File Transfer Protocol (FTP)
  • File Transfer Protocol (FTP) merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengirim atau meng-upload file website dari hard disk Anda ke server web host.

  • Akun Email POP3
  • Jumlah alamat email maupun kapasitas setiap email yang Anda dapat tergantung dari masing-masing web host dan paket hosting yang Anda ambil. Anda harus menampilkan alamat email di website Anda agar pengunjung bisa menghubungi Anda sebagai pemilik atau pengelola website. Alamat email yang diberikan memiliki akhiran sesuai nama domain atau nama website Anda.

    Catch All Email Address
    Dari sekian banyak pengunjung yang mengirim Anda email, ada kemungkinan beberapa dari mereka salah dalam mengetikkan alamat email yang dituju namun alamat domainnya betul. Misalnya: nama domain (website) Anda adalah belajar-web-hosting.com dan alamat email yang Anda sediakan bagi pengunjung untuk bertanya kepada Anda adalah tanya@belajar-web-hosting.com. Namun ada orang yang mengetik tamya@belajar-web-hosting.com. Agar Anda tetap dapat menerima email yang ditujukan ke tamya@belajar-web-hosting.com, walaupun alamat email ini tidak pernah Anda buat, gunakanlah fitur Catch All Email Address. Fitur ini berfungsi untuk menangkap semua email yang dikirim ke domain milik Anda, baik alamat email yang sudah Anda buat maupun yang tidak Anda buat, dan meneruskannya ke alamat email yang Anda tentukan.

    Email Forwarding
    Apabila Anda memiliki banyak alamat email dan tidak mau mengecek masing-masing kotak masuk (inbox) email secara terpisah, maka Anda bisa menggunakan fitur Email Forwarding untuk meneruskan semua email yang datang ke alamat email yang Anda tentukan.

    Email Autoresponder
    Autoresponder merupakan email yang memiliki dua fungsi. Pertama, setiap pengunjung yang mengirim email ke alamat email autoresponder akan menerima jawaban yang dikirim secara otomatis. Kedua, pesan yang diterima email autoresponder akan diteruskan ke alamat email tertentu.

  • Bahasa Pemograman Web
  • Pada website ini, saya cuma mengenalkan bahasa HTML untuk membuat website. Kekurangan dari bahasa HTML adalah halaman website yang dibuat dengan HTML bersifat statis, tidak bisa berubah-ubah. Sebagai contoh, iklan yang ada di sebelah kanan halaman ini selalu berubah setiap kali Anda berkunjung atau me-refresh atau me-reload halaman website ini. Hal ini bisa dilakukan karena saya menggunakan bahasa pemrograman web yang disebut PHP. Selain PHP, ada banyak bahasa program yang dipakai dalam pembuatan website seperti ASP, JSP, JavaScript, CSS, XML, MySQL. Apabila Anda menggunakan bahasa pemograman web tertentu, maka Anda harus memperhatikan apakah web host mendukung bahasa pemograman web tersebut.

  • Counter
  • Counter merupakan aplikasi yang dipakai untuk menghitung jumlah pengunjung.

  • Form to Email
  • Form to Email merupakan sebuah formulir yang dapat diisi oleh pengunjung untuk bertanya, menyampaikan keluhan, ataupun meminta informasi kepada pengelola website. Apa yang ditulis oleh pengunjung akan dikirim ke alamat website yang telah ditentukan.

  • Buku Tamu (Guest Book)
  • Anda bisa menaruh buku tamu di website Anda jika Anda ingin mengetahui siapa yang mengunjungi website Anda, serta komentar-komentar mereka mengenai website Anda.

  • Statistik Website
  • Melalui fitur ini, Anda bisa melihat berapa banyak orang yang mengunjungi website Anda, halaman apa yang mereka lihat, kapan mereka datang, dan lain-lain. Fitur ini sangat penting untuk membantu Anda melakukan analisa untuk memperbaiki ataupun mengembangkan website Anda.

  • Jaminan Akses (Uptime Guarantee)
  • Fitur ini sangat penting sekali, jangan sampai website Anda sering sekali tidak bisa dibuka karena masalah teknis disisi web host. Misalnya server milik web host kepanasan sehingga harus dimatikan, namun server cadangan membutuhkan waktu 30 menit untuk diaktifkan. Carilah web host yang memberikan jaminan akses di atas 99%. Hal ini penting sekali bagi mesin pencari dan para pengunjung website Anda. Jika spider mesin pencari mengunjungi website Anda ketika website Anda sedang tidak bisa dibuka, maka besar kemungkinan mesin pencari akan mengeluarkan website Anda dari index-nya.

  • CPanel
  • CPanel merupakan panel kontrol berbasis web yang digunakan untuk mengelola domain. Sebagian besar fitur-fitur yang dijelaskan di atas dikelola melalui CPanel.

No comments:

Post a Comment